Selamat Ulang Tahun, Ma

Halo semuaa, selamat bulan Februari ya. Waktu memang bergulir terlampau cepat. Rasanya baru kemarin kita menyusun resolusi untuk tahun 2015, eh ini tetiba sudah memasuki bulan kedua saja. Bulan Februari ini adalah bulan yang spesial untuk saya. Bukan, bukan karena Valentine, itu sudah terlalu mainstream. Pada tanggal 5 bulan ini, tepat 53 tahun yang lalu, seorang wanita mulia telah lahir dan saya telah diberi kehormatan untuk dilahirkan dari rahimnya 27 tahun silam.

mum

Ibunda saya, yang biasa saya panggil Mama, adalah sosok wanita tangguh yang sudah teruji kelapangan hatinya. Mama yang merupakan anak kedua dari 11 bersaudara dahulu tinggal di dusun  Ngalian  hingga beliau memasuki bangku sekolah menengah. Saya kerap diceritakan kisah beliau dan saudara saudarinya yang harus menempuh perjalanan sejauh 15 kilometer dengan berjalan kaki untuk tiba di sekolah. Berjalan kaki! Menembus terik mentari dan hujan ketika pagi dan siang, sungguh luar biasa. Ketika Mama sudah menginjak usia kuliah, Mama pun memutuskan untuk pergi ke Kota Gudeg untuk menuntut ilmu. Kata Mama, hidup perantauan itu penuh dengan tantangan. Terlebih lagi, itulah kali pertama Mama jauh dari orangtuanya. Mama pun bercerita bahwa ketika kuliah beliau pernah menjadi penjaga loket bioskop demi menambah pemasukan semasa menimba ilmu di Yogyakarta. Lika-liku kehidupan beliau semasa di Kota Pelajar ini pun semakin berwarna ketika beliau bertemu dengan seorang pria hebat yang kini menjadi ayah kebanggaan saya.

Camera 360 C360_2014-08-23-16-05-04-155

Mereka berdua pun mengikat janji pada 1986 dan memutuskan untuk menetap di Yogyakarta. Seperti layaknya pasangan muda yang sedang dimabuk asmara, mereka pun memulai semuanya dari bawah dengan bahagia. Mulai dari mengontrak rumah hingga membeli satu motor yang kerap dipakai untuk membonceng Mama, saya  dan adik. Masa kecil saya sederhana tapi penuh dengan suka cita. Saya kagum dengan sosok Mama yang mampu mendukung Papa dalam suka maupun duka. Bila Mama sakit, kami sekeluarga pasti kelabakan dan menyadari betapa cekatannya Mama dalam mengurus kami sehari-hari.C360_2014-08-23-17-45-58-926

Untuk Mama tersayang, selamat ulang tahun ya Ma. Semoga Mama selalu dilimpahi kesehatan dan kebahagiaan. Maafkan bila Dewy masih belum dapat membalas semua budi baik Mama. Mama adalah ibu terbaik sejagat raya! Panjang umur dan sehat selalu ya Ma! Love you!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s